RajaKomen

Online Learning & Kuliah Online di Uhamka Pilihan Mahasiswa Masa Kini

15 Jul 2021  |  624x | Ditulis oleh : Admin
Online Learning & Kuliah Online

Untuk pelajar SMA yang baru lulus, pastinya akan mencari tempat kuliah untuk melanjutkan pendidikannya. Pada masa sekarang lulusan tersebut tentu sudah sangat mengenal dengan istilah belajar online (Online Learning) atau e-learning. Metode baru ini tumbuh dan berkembang ketika adanya pandemi, yang menyebabkan tidak bisa belajar dengan cara tatap muka.

Online learning di masa sekarang memang sudah bukan hal baru lagi bagi kita, terutama untuk para pelajar dan mahasiswa yang sudah terbiasa melakukannya. Semenjak adanya pandemi online learning semakin dikenal oleh masyarakat, terutama dunia pendidikan di Indonesia. Apalagi pandemi virus Covid-19 sudah hampir ada selama 2 tahun, yang entah kapan akan berakhir.

Online learning bukan hanya karena adanya pandemi saja, belajar dengan cara ini bahkan akan sangat berguna di masa depan nanti. Apalagi nanti teknologi pun akan semakin canggih, bukan tidak mungkin belajar dengan tatap muka akan jarang kita temui lagi.

Bukan hanya online learning, kuliah online juga menjadi berkembang karena adanya pandemi di Indonesia. Kuliah online seperti di universitas Uhamka akan sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan di masa pandemi seperti sekarang. Bahkan bagi mereka yang ingin kuliah sambil bekerja dan untuk ibu rumah tangga sekalipun, masih bisa mengikuti perkuliahan secara online ini.

Kuliah online atau kuliah non tatap muka ini, memang di rancang agar mahasiswa tidak dituntut rutin datang ke kampus. Kuliah Online juga merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet. Dosen dapat memberikan materi kuliah, baik berupa file, video, maupun tulisan (teks). Dengan kuliah online, seorang dosen juga bisa mengajar di beberapa tempat secara bersamaan.

Mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan berupa file atau bacaan dari dosen yang bersangkutan, mengirimkan pertanyaan kepada dosen mata kuliah tersebut, mengirimkan kontak pada mahasiswa lain, melihat informasi dari dosen yang bersangkutan, dan melakukan ujian pada waktu yang telah ditetapkan.

Kuliah Online berisi Konten Terbuka, yang materi belajarnya dapat digunakan bersama-sama. Kuliah Online juga bisa disebut Pembelajaran Mobile (Mobile Learning). Mahasiswa nantinya bisa mengikuti kuliah di mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki koneksi Internet. Beberapa materi kuliah bahkan dapat di akses walaupun tidak ada koneksi internet. Pada metode ini, mahasiswa tetap memiliki jadwal “tatap muka” bersama dosen.

Uhamka mengerti akan masalah dunia pendidikan saat ini yang memang sedang terhalang oleh pandemi Covid-19. Cara belajar dengan metode online learning akan membantu kelancaran dalam perkuliahan serta bisa terus mencetak sarjana baru yang tetap berkualitas.

Baca Juga: