Hijab.id

Cara Mengakses Facebook Analytics untuk Pemula

28 Sep 2022  |  140x | Ditulis oleh : Admin
Matamaya

Ingin menggunakan Facebook analytics untuk mengumpulkan data, tetapi tidak tahu dari mana memulainya? Bagi pemula, menggunakan fitur analytics memang tricky di awal, tetapi akan mudah pada proses berikutnya setelah Anda memahaminya. Namun sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara mengakses facebook analytics, sebaiknya kita mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan facebook analytics agar lebih bisa memahaminya.

Facebook sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Selain itu facebook menawarkan berbagai fitur canggih yang belum pernah ada di sosial media sebelumnya.

Sedangkan Facebook Analytics adalah sebuah tool yang bisa memberimu informasi tentang berapa pengguna yang meninggalkan komentar tentang apa yang mereka inginkan di post yang sudah dibuat. Selain itu, referral traffic dan jumlah stream stories pun jumlahnya dapat dipantau dari dashboard-nya secara mudah. Fitur ini membuatmu bisa mengetahui konten jenis apa yang paling disukai atau diinginkan pengguna dan konsumen, sehingga strategi marketing dapat disesuaikan secara lebih baik.

Itulah pengertian tentang facebook dan facebook analytics agar kita bisa sedikit memahami tentang fungsi dari tool baru dari facebook yaitu facebook analytic. Setelah sedikitnya mengerti akan fungsi atau cara kerja dari tool ini, kembali ke pembahasan awal yaitu bagaimana cara supaya kita bisa mengakses Facebook Analytics terutama bagi pemula yang sama sekali belum pernah mencobanya.

Mengakses fitur analytics di Facebook

Untuk membuka fitur analytics di Facebook, klik menu Insights yang berada di atas halaman profil, lalu tunggu sampai laman Overview termuat. Pada bagian kiri, Anda akan melihat menu lain, tetapi Overview sebagai dasbor utama memudahkan Anda memantau rangkuman kejadian-kejadian yang berlangsung di laman Facebook. Sebut saja data-data satu hingga 28 hari ke belakang. Selain itu, ada informasi seperti jumlah total klik dari user, jumlah page views, likes, dan lain sebagainya.

Menyoal metrik, ada lima tipe pengukur yang sebaiknya Anda gunakan dari Facebook analytics, seperti yang disarankan Hootsuite, antara lain:

  • Reach dan engagement. Metrik yang memperlihatkan jumlah user yang melihat post;
  • Actions. Metrik yang menunjukkan tindakan atau aksi user selama berada di laman Anda, contohnya mengklik call-to-action;
  • People. Metrik yang memberikan akses informasi demografis para user;
  • Views. Matriks yang menampilkan jumlah user yang berkunjung ke halaman Facebook dan bagian yang mereka lihat;
  • Post. Metrik yang menayangkan performa konten.

Seperti itulah cara mengakses facebook analytics bagi pemula yang bisa mulai kamu coba dan praktekan sendiri agar lebih paham dan bisa mulai menggunakan salah satu tool dari facebook ini. Untuk kamu yang masih bingung dan tidak bisa mengikuti langkah-langkah diatas tadi, mungkin bisa mencari sumber informasi lain yang lebih mudah dimengerti.

Jika memungkinkan, kamu bisa gunakan jasa Matamaya.id supaya kamu mendapatkan panduan yang tepat memakai fitur analytics dari facebook karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur ini memang sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis, karena informasi yang sediakan oleh tool dari facebook ini sangat bisa dijadikan sebagai dokumentasi tentang bagaimana kelancaran bisnis kamu terutama saat menggunakan facebook sebagai sosial media marketing kamu.

Baca Juga: