RajaBacklink

Resep Kue Mangkok Yang Enak Untuk Menu Berbuka Puasa

15 Mar 2021  |  93x | Ditulis oleh : Admin
Resep Kue Mangkok Yang Enak Untuk Menu Berbuka Puasa

Indonesia memang merupakan negara yang memiliki banyak daerah, suku dan budaya, karena keragamanya itu di Indonesia juga sangat banyak aneka makanan khas yang berasal dari daerah, suku ataupun budaya tertentu. bukan hanya makanan berat dan makanan pokok saja yang beraneka ragam dan terkenal di Indonesia, tetapi juga ada jajanan-jajanan tradisional seperti kue-kue dan gorengan.

Jajanan tradisional atau jajanan pasar Indonesia memang sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah kue mangkok yang merupakan jajanan tradisional dari Indonesia yang masih banyak ditemukan hingga sekarang. Kue ini memiliki warna yang khas karena sering kali digunakan dengan pewarna yang indah biasanya kue ini diberikan warna coklat, merah ataupun hijau. Bukan hanya warnanya saja yang khas tetapi cita rasa kue yang empuk, lembut dan kenyal serta rasa seperti tape karena menggunakan ragi membuat kue ini snagat disukai oleh banyak orang dari banyak kalangan.

Kue ini masih sering dijadikan sebagai kue-kue yang disediakan pada acara-acara tertentu, misalnya kue ini disediakan untuk menjadi sebuah suguhan saat ada acara kumpul-kumpul seperti pengajian, buka puasa bersama, arisan dan acara kumpul lainnya. Bukan karena rasanya yang enak saja yang membuat kue ini masih populer, kue ini masih populer karena memang bahan dan juga cara membuatnya yang sederhana dan juga mudah.

untuk kalian yang lagi kangen dengan kue tradisional yang satu ini, kalian bisa loh membuatnya sendiri. Yuk buat kue mangkok dirumah sendiri untuk menemani waktu ngabuburit kamu selama bulan puasa nanti, resepnya sebagai berikut:

Bahan membuat kue (untuk 8 hingga 10 kue mangkok):

- 200 gram (2 cangkir) tepung beras

- 75 gram Tepung terigu

- 250 gram (1 1/4 cangkir) gula (gula tebu, gula merah, gula jawa sesuai dengan selera kalian)

- 150 ml air

- 250 ml santan

- 1 sdm ragi instan

- 1 lembar daun pandan

- pewarni makanan (hijau dan merah)

- sejumput garam

cara membuat kue mangkok:

1. pertama-tama masukan kedalam panci air, santan, gula pasir dan satu lembar daun pandan. Kemudian panaskan dengan menggunakan api yang kecil. Selagi dipanaskan aduk-aduk hingga gula larut dan mendidih. Setelah mendidih matikan api dan diamkan beberapa saat hingga menjadi hangat.

2. Selanjutnya siapkan tepung beras, tepung terigu dan juga garam. Ayak dan campurkan ketiganya dalam satu wadah yang sudah disediakan.

3. Kemudian masukan air, santan dan gula yang sudah hangat kedalam campuran tepung. Aduk dengan whisk sampai tepung tercampur rata dengan larutan santan

4. Langkah selanjutnya kemudian masukan ragi instan dan aduk sampai benar0benar tercampur dengan merata.

5. Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian kedaam mangkuk terpisah. Mangkuk pertama tidak diberikan apa-apa, mangkuk kedua diberikan pewarna makanan berwarna merah dan mangkuk yang ketiga diberikan pewarna makanan yang berwarna hijau. Kemudian aduk sampai warna merata.

6. Tutup setiap adonan menggunakan lap bersih, dan diamkan kurang lebih selama 2 jam.

7. Langkah selanjutnya siapkan alat kukus. Masukan air kedalam kukusan dan tunggu air hingga mendidih.

8. Bungkus bagian dalam tutup panci menggunakan kain lap yang bersih, bertujuan agar air yang menguap tidak menetes ke kue mangkok saat dikukus.

9. Masukan adonan kue ke dalam cetakan kue mangkok yang sudah disediakan.

10. Setelah panci mendidih dan beruap, masukan kue kedalam kukusan dengan api besar.

11. Kukus kue kurang lebih selama 15 menit hingga kue matang dan juga mekar.

12. Setelah kue matang, keluarkan kue dan diamkan kue beberapa saat hingga kue hangat atau dingin, dan kuepun siap untuk disajikan. Kue akan semakin nikmat jika disajikan dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Baca Juga: