RajaKomen

Mengenal Lebih Jauh Tentang Vitamin B dan Kegunaan Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh Kita

15 Des 2021  |  157x | Ditulis oleh : Admin
Neurobion

Jika tubuh anda sering mengalami kesemutan, Kebas  atau mungkin kram, ada kemungkinan tubuh anda sedang kekurangan vitamin B. Karena biasanya orang yang kekurangan vitamin B tubuh nya sering mengalami gangguan seperti kram maupun kesemutan. Vitamin B atau B kompleks memang begitu penting bagi tubuh kita agar selalu sehat, akibat yang timbul kekurangan vitamin B ini biasanya memang sering merasakan kesemutan, terkena beri beri, bahkan anemia.

Apa Itu Vitamin B atau B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah sebuah kombinasi vitamin penting yang bisa larut dalam air dan sangat berperan penting bagi tubuh kita. Semuanya terdiri dari vitamin B-1, B-2, B-3, B-5, B-6, B-7, B-9, dan B-12. Atau yang lebih kita kenal sebagai thiamine, riboflavin, niacin, pantothenic acid, pyridoxine, biotin, folic acid, dan kobalamin.

Gejala Awal Kekurangan Vitamin Neurotropik B

Mungkin agak sulit untuk mengenali gejala awal apa saja jika kita kekurangan vitamin B, karena gejala awal kekurangan vitamin B selalu muncul secara bertahap. Jadi anda tidak akan benar-benar menyadarinya. Setelah tanda awal seperti kelelahan dan kelemahan, lalu muncul tanda selanjutnya misalnya kebas dan kesemutan pada anggota tubuh. Anemia atau sistem kekebalan tubuh yang terganggu juga dapat terjadi sebagai gejala awalnya.

Tanda ini tidak terasa, dan tidak semua orang mengalaminya dengan cara yang sama. karena tanda-tanda ini sapat terkait dengan banyak pemicu lainnya, kebanyakan orang tidak berpikir untuk melakukan tes. Jika gejala-gejala ini terjadi selama berminggu-minggu, segera konsultasikan dengan dokter dan hindari penyebab lainnya.

Siapa Saja Yang Beresiko Kekurangan Vitamin B?

Beberapa orang yang mempunyai resiko kekurangan vitamin B diantaranya termasuk lansia, vegetarian, penderita diabetes dan pra-diabetes. Kemungkinan mereka tidak mengkonsumsi cukup vitamin B untuk memenuhi kebutuhan mereka, atau tidak menyerapnya dengan maksimal, karena orang tersebut mengeluarkan lebih banyak vitamin B di atas rata-rata dari tubuhnya. Dalam kasus ini, pengobatan vitamin neurotropik B juga bisa bermanfaat.

Kegunaan Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks sangat bermanfaat  untuk meningkatkan kesehatan fungsi saraf, energi, melancarkan proses metabolisme, mencegah penuaan dini, menurunkan kadar kolesterol, hingga meningkatkan fungsi otak. Secara lebih spesifik, vitamin B kompleks juga berkhasiat untuk mengobati arthritis, mengoptimalkan sendi, dan mencegah peradangan, menjaga metabolisme sel dan daya tahan tubuh. Mengatasi atau mencegah defisiensi vitamin B. Bagi wanita, vitamin B berguna khususnya bagi ibu hamil dan menyusui. Vitamin ini membantu perkembangan otak janin dan mengurangi resiko cacat lahir.

Setelah mengetahui apa itu vitamin B atau B kompleks, tentunya kita kan lebih paham tentang pentingnya vitamin B dalam tubuh kita untuk tetap sehat. Lalu kita juga akan selalu waspada dengan apa saja gejala awal jika tubuh mulai kekurangan vitamin B terutama B kompleks dan neurotropik B. jika sakit berkepanjangan sebaiknya disegerakan ke dokter atau meminum obat yang banyak mengandung vitamin B untuk penyembuhan awal jika terjadi gejala yang sudah disebutkan diatas tadi. 

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga, terutama bgi anda yang sudah mempunyai usia lanjut yang tentunya sangat rentang kekurangan vitamin B.

Baca Juga: