Hijab.id

Lebih Jauh Mengenal Amoeba Pemakan Otak & Cara Mengatasinya

31 Mei 2021  |  74x | Ditulis oleh : Admin
Lebih Jauh Mengenal Amoeba Pemakan Otak & Cara Mengatasinya

Amoeba Pemakan Otak adalah organisme uniseluler yang biasanya ditemukan di tanah ataupun air tawar. Jenis amoeba ini memiliki nama Naegleria fowleri yang bisa masuk melalui hidung manusia. Karena sangat berbahaya sampai bisa mengakibatkan pembengkakan di otak dengan serius, sehingga harus segera di atasi. Untuk itu kita akan membahas tentang gejala yang ditimbulkan dan cara mengatasinya, simak penjelasannya dibawah ini;

1. Gejala Penyakit

Sebelum mengatasinya, yang harus dilakukan ialah mengetahui apa gejala yang muncul. Seseorang yang terinfeksi amoeba ini maka akan merasakan gejala dalam 2 sampai 5 hari. Mulai dari merasa demam diikuti kualitas indra penciuman dan indra pengecap menurun. Leher menjadi kaku dan juga merasa sakit kepala yang parah secara tiba-tiba.

Bahkan indra penglihatan pun akan sensitif terhadap cahaya. Penderita juga akan merasa mengantuk terus-menerus. Juga ada mual hingga muntah, tubuh hilang keseimbangan sehingga linglung. Kejang-kejang dan halusinasi pun bisa terjadi jika sudah bertambah parah.

2. Diagnosis

Melakukan diagnosis untuk memastikan benar atau tidaknya penderita terinfeksi amoeba pemakan otak. Terdapat 2 langkah diagnosis yaitu dengan pemeriksaan cairan serebrospinal dan pemeriksaan pencitraan.

Cairan ini akan didapatkan di otak yang berfungsi melindungi otak. Sampel cairan akan diambil oleh dokter untuk diperiksa di bawah mikroskop. Sedangkan pemeriksaan pencitraan bisa dilakukan dengan pemindaian. Misalnya menggunakan tes CT scan ataupun MRI.

3. Pengobatan

Mengobati penderita dapat dilakukan dengan 3 macam obat. Pertama obat anti jamur yang efektif bernama amphotericin B. Penderita tidak meminum obat ini, namun diberikan melalui suntikan ke sekitar saraf tulang belakang.

Obat anti jamur lain bernama Fluconazole juga efektif. Kedua, obat antiparasit seperti Miltefosine yang juga diketahui efektif mengatasi infeksi dari organisme ini. Ketiga, obat antibiotik seperti Rifampin dan Azithromycin yang diiberikan langsung oleh dokter. Juga berguna untuk mengatasi infeksi Naugleria ini.

Nah, meskipun sudah tahu gejalanya, sebaiknya jangan langsung menggunakan obat tanpa ada arahan dokter. Idealnya, konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Setelah pemeriksaan dan didapatkan hasil barulah dokter akan memberikan obat untuk mengatasi amoeba pemakan otak ini.

Baca Juga: